Manajemen Dan Lingkungan External
BAB 1 Definisi Lingkungan
Lingkungan menurut Robbins dan Coulter (1999) dalam Margaretta ( 2012), adalah
lembaga-lembaga atau kekuatan-kekuatan yang berada di luar organisasi dan
secara potensial mempengaruhi kinerja organisasi. Lnisasiingkungan merupakan
kekuatan yang mempengaruhi baik secara langsungn maupun tidak terhadap kinerja
organisasi.
Lingkungan organisasi adalah semua elemen di dalam maupun
di luar organisasi yang dapat mempengaruhi sebagian atau keseluruhan suatu
organisasi. Terdapat dua jenis klasifikasi lingkungan yakni lingkungan internal
dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal yang berpengaruh langsung dalam organisasi
meliputi karyawan/pegawai organisasi dalam, serta pimpinan manajer. Lingkungan
eksternal dibagi dua yaitu yang berpengaruh langsung dan tidak langsung.
Menurut Sukriah (2009), organisasi berada dalam sebuah
lingkungan yang dapat menjadi faktor pendukung maupun penghambat organisasi.
Kegiatan organisasi akan merubah lingkungan, dan juga sebaliknya, lingkungan
akan mendorong perubahan pada organisasi.
Sebuah Perusahaan atau Organisasi bisnis yang beroperasi
disebuah lingkungan tidak dapat menafikan bahwa selain begiatan bisnis yang
dikelolanya, organisasi bisnis tersebut juga terlibat dengan lingkungan
diseputar lokasi bisnis. Oleh karena itu, sebuah organisasi bisnis perlu
memahami lingkungan apa saja yang terkait secara langsung maupun tidak langsung
dengan kegiatan bisnis (Amien, 2008).
BAB 2 Lingkungan eksternal mikro dan
Lingkungan eksternal makro
-Lingkungan eksternal mikro (khusus)
Menurut
Anton (2011), lingkungan eksternal mikro adalah unsur-unsur yang berpengaruh
langsung terhadap organisasi, yang terdiri dari pesaing (competitors), penyedia
(suppliers) , langganan (customers), lembaga keuangan (financial institutions),
pasar tenaga kerja (labour supply) , dan perwakilan-perwakilan pemerintah.
Lingkungan eksternal mikro mencakup :
Lingkungan eksternal mikro mencakup :
1.Para Pesaing
Pemahaman
terhadap lingkungan persaingan yang dihadapi akan membantu organisasi
mengetahui posisi persaingannya sehingga organisasi mampu mengoptimalkan
operasionalnya sehingga organisasi dapat memahami arena, sifat persaingan serta
kekuatan dan kelemahan para pesaing.
2.Para Langganan
Situasi
pasar dan langganan sangat mempegaruhi perusahaan dalam menyusun strategi,
kebijaksanaan dan taktik pemasaran. Untuk mengarahkan kegiatan-kegiatan
pemasaran, perusahaan harus menganalisis
profil langganan pada masa sekarang dan masa yang akan datang serta kondisi
pasar. Perusahaan akan dapat menjaga kelangsungan hidupnya dan berkembang bila
ia dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
3.Pasar Tenaga Kerja
Tenaga
kerja merupakan mitra strategis perusahaan karena dengan memiliki tenaga kerja
yang trampil perusahaan dapat melaksanakan aktifitas perusahaan dengan efisien
dan mempunyai keunggulan dibandingkan dengan perusahan lain. Oleh karena itu
perusahaan harus mampu merekrut dan mempertahankan tanaga kerja yang terampil.
4.Lembaga Keuangan
Untuk
memperluas usahanya perusahaan memerlikan adanya tambahan modal dari pihak lain
yaitu lembaga-lembaga keuangan seperti perbangkan, perusahaan investasi,
asuransi dan pasar modal.
5.Para Suplier
Untuk
memproduksi barang dan jasa perusahaan sangat memerlukan peran suplier yaitu
untuk menyadiakan behan baku, bahan penolong, energi, peralatan dan input lain
yang mendukung proses produksi.
6.Instansi Pemerintah
Kebijakakan instansi
pemerintah sangat berpengaruh terhadap aktifitas perusahaan dalam banyak hal,
seperti peraturan-peraturan, syarat-syarat berdirinya perusahaan, perizinan,
perpajakan, pemberian pinjaman dari bank-bank pemerintah dan
pembatasan-pembatasan terhadap perusahaan untuk melindungi masyarakat dan
lingkungan -Lingkungan eksternal makro (umum)
Menurut
Sukriah (2009), lingkungan umum pada lingkungan organisasi merupakan kondisi
eksternal yang luas yang dapat mempengaruhi organisasi serta berpengaruh secara
tidak langsung terhadap kinerja organisasi.
Menurut
Astuti (2011), lingkungan eksternal makro meliputi berbagai
faktor, antara lain
kondisi ekonomi, politik dan
hukum, sosial budaya,
demografi, teknologi, dan kondisi
global yang mungkin
mempengaruhi organisasi. Perubahan
lingkungan umum biasanya
tidak mempunyai dampak sebesar perubahan lingkungan
khusus, namun demikian
manajer harus memperhatikannya ketika
merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan
serta mengendalikan aktivitas organisasi bisnisLingkungan eksternal makro mencakup :
1.Kondisi
ekonomi.
Tingkat inflasi,
masalah pengangguran, tingkat pertumbuhan pendapatan
nasional, keadaan neraca
pembayaran, kondisi pasar
saham serta fluktuasi kurs valuta asing dan suku bunga, secara umum adalah beberapa
faktor ekonomi yang
mempengaruhi praktik manajemen dalam aktivitas
bisnis. Terdapat hubungan
timbal balik antara
keadaan perekonomian dan aktivitas
bisnis atau dunia
usaha. Kestabilan dan
pertumbuhan ekonomi akan
mendorong perkembangan dunia
usaha, dan sebaliknya perkembangan
dunia usaha akan
mewujudkan kestabilan dan
pertumbuhan ekonomi.
2.Kondisi
politik dan hukum.
Terdapatnya kestabilan
politik dan kebijakan pemerintah
yang sesuai dapat menciptakan suasana kondusif untuk mengembangkan aktivitas
organisasi bisnis di berbagai bidang. Pertimbangan hukum juga
perlu diperhatikan perusahaan,
antara lain adanya
peraturan pemerintah
mengenai pembentukan dan
pengawasan organisasi yang membatasi kebijakan
manajerial, termasuk dalam
hal pengelolaan sumber daya manusia.
3.Kondisi
sosial budaya
Para manajer
perlu memperhatikan adanya perubahan sosial
budaya masyarakat khususnya
pola dan tren
pasar yang dituju. Manajer
perlu menyesuaikan strategi
bisnis terutama pemasarannya dengan kondisi
nilai-nilai sosial, kebiasaan,
dan selera konsumen.
Sebagai contoh saat ini tren nilai dan selera masyarakat perkotaan
adalah kembali ke alam sehingga perusahaan perlu menyesuaikan strategi
pemasarannya, misal dengan membuat produk yang alami tanpa bahan pengawet.
4.Kondisi
demografi
Kondisi demografi
mencakup kebiasaan yang berlaku
dalam karakteristik fisik
dari populasi, seperti
jenis kelamin, usia, tingkat
pendidikan, lokasi geografis,
pendapatan, konsumsi keluarga. Perubahan pada
karakteristik-karakteristik ini dapat
berpengaruh pada kebijakan
manajemen perusahaan dalam merencanakan,
mengorganisasikan, memimpin dan mengontrol organisasi bisnisnya.
5.Teknologi
Teknologi merupakan
salah satu faktor
lingkungan umum yang paling
dramatis atau paling cepat mengalami perubahan. Teknologi pun menjadi salah
satu faktor yang
mempengaruhi keputusan manajer
terutama dalam hal pengembangan produk.
Sebagai contoh, saat ini dinamika industry ponsel
sedang berkembang pesat,
kita selalu mendapat
informasi adanya tawaran produk ponsel dengan berbagai fitur
dan manfaat baru dalam waktu yang
sangat cepat. Hal
ini karena terkait
dengan perkembangan teknologi yang terjadi. Dahulu kita hanya
mengenal ponsel digunakan untuk menelepon saja,
namun dalam waktu
beberapa tahun belakangan
ini dengan perkembangan
teknologi yang sangat
pesat, kita sudah
dapat menemukan ponsel dengan tambahan fitur kamera, video
kamera atau bahkan komputer.
6.Globalisasi
Globalisasi adalah
salah satu faktor
utama yang mempengaruhi
organisasi bisnis. Manajer
dari perusahaan besar
maupun kecil yang
ada di dalam
negeri semakin ditantang
dengan meningkatnya jumlah
pesaing sebagai dampak
dari adanya pasar
global yang merupakan
bagian dari lingkungan eksternal.
Daftar Pustaka
BAB 3 Tanggung Jawab
Sosial Manajer
Perubahan
konsep manajerial dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Seorang manajer
mempunyai tanggung jawab social atas keputusan-keputusan yang diambil, mengapa
dikatakan demikian karena mempengaruhi dalam pencapaian tujuan organisasi baik
dalam jangka panjang maupun dalam jangka panjang, disamping itu juga menyangkut
hajat hidup orang banyak yang kesemuanya menggantungkan dirinya kepada
organisasi tersebut (ini kalau dilihat dari segi dimana seseorang bekerja).
Atas dasar ini maka seorang manajer dituntut untuk dapat mengimplementasikan
etika berusaha (the ethics of manager). Ada lima faktor yang mempengaruhi
keputusan manajer dalam etika berusaha ini, yaitu hukum; peraturan-peraturan
pemerintah termasuk di dalamnya undang-undang yang dikeluarkan oleh pemerintah,kode
etik industri dan perusahaan tekanan-tekanan sosial,tegangan antar standar
perorangan dan kebutuhan organisasi.
Download Modul Lengkap? Klik Disini
Download Modul Lengkap? Klik Disini
Daftar Pustaka
1. (9:52
AM Ilmu Manajemen)
http://www.anakciremai.com/2008/05/makalah-manajemen-tentang-manajemen-dan.html
2.
https://www.academia.edu/6856269/LINGKUNGAN_ORGANISASI
0 komentar:
Posting Komentar
Berkomentar Dengan menggunakan kata-kata yang sopan dan tidak ada unsur sara didalam komentar tersebut, terima kasih atas partisipasinya